Kehadiran internet membawa perubahan dalam suatu bisnis. Dengan internet kegiatan bisnis dapat lebih dimudahkan bahkan dimaksimalkan. Banyak perusahaan yang sudah ataupun mulai mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi internet, khususnya dengan memanfaatkan media sosial. Namun sayangnya tidak semua perusahaan memiliki sumber daya yang cukup untuk mengelola akun media sosial tersebut. Untuk itu, sering kali perusahaan di berbagai bidang mencari jasa seorang admin media sosial. Ini adalah kesempatan bagus jika kamu tertarik dengan profesi ini.
Bagaimana Memulai Menjadi Admin Media Sosial?
a. Tidak Gagap Teknologi
Pekerjaan sebagai admin media sosial adalah pekerjaan yang sangat tergantung pada teknologi. Kamu tidak akan mampu mengerjakan pekerjaan sebagai admin media sosial jika kamu tidak melek terhadap teknologi. Setidaknya kamu harus memiliki akses internet dan memiliki sebuah gadget untuk melaksanakan tugasmu.
b. Tertarik Dan Aktif Menggunakan Media Sosial
Hal utama yang harus kamu miliki jika ingin berkarir sebagai admin media sosial adalah kamu harus memiliki ketertarikan dengan perkembangan media sosial. Selain itu kamu harus aktif menggunakan media sosial, terutama yang paling banyak digunakan di Indonesia, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan TikTok. Setiap hari kamu akan bergelut dengan media sosial, jadi jika kamu terbiasa di media sosial maka kamu tidak akan merasa terbebani ketika menjalankan tugasmu. Selain itu, calon klienmu mungkin saja akan mengintip akun media sosial kamu untuk sekadar mengetahui ciri khas dirimu jika menjadi admin media sosial mereka kelak.
c. Memiliki Kemampuan Menulis
Tugas utama seorang admin media sosial adalah menyampaikan pesan yang dibawa perusahaan kepada pelanggan melalui media sosial. Mayoritas pesan yang disampaikan melalui media sosial berupa tulisan. Untuk itu sebaiknya seorang admin media sosial juga memiliki kemampuan dasar menulis sehingga akan lebih memudahkan pekerjaanmu nanti.
Jika kamu tidak pandai menulis, ada banyak kursus menulis yang bertebaran, baik secara online maupun offline.
d. Bergabung Dengan Komunitas
Mayoritas admin media sosial adalah pekerja lepas atau freelancer. Jika kamu belum memiliki pengalaman menjadi admin media sosial sebaiknya kamu bergabung dengan komunitas freelancer, seperti www. freelancer.co.id. Melalui komunitas seperti ini kamu bisa menggali ilmu dan memperluas jaringan profesional kamu. Bahkan kamu bisa memanfaatkan komunitas untuk mencari klien.
Tips Kerja Sebagai Admin Media Sosial
◉ Profesi admin media sosial termasuk dalam profesi di industri kreatif. Dalam industri kreatif perubahan dan pembaruan sering terjadi. Entah itu hadirnya media sosial baru ataupun hanya sekadar munculnya fitur-fitur baru dalam media sosial yang sudah ada. Untuk itu, sebagai admin media sosial yang baik kamu harus mengikuti perkembangannya dari mencoba sesuatu yang baru tersebut.
◉ Karena tugas utama admin media sosial adalah menyampaikan pesan yang mayoritas berbentuk tulisan, maka penting bagi admin media sosial untuk terus mengasah kemampuan menulis khususnya dalam konteks menjadi admin media sosial.
◉ Admin media sosial berfungsi sebagai penghubung bagi perusahaan dengan pelanggannya, jadi sebaiknya sebelum kamu menyetujui kerja dengan klienmu, alangkah baiknya jika kamu kenali terlebih dahulu siapa klienmu. Kuasailah produk mereka, mulai dari fungsi, kelebihan, kekurangan, variasi, dan lain sebagainya. Singkatnya, admin media sosial harus memiliki pengetahuan mendalam tentang perusahaan yang menjadi klienmu.
◉ Ketahuilah kapan waktu terbaik admin media sosial untuk menyebarkan pesan melalui media sosial. Cari tahu prime time dari target klienmu agar pesan yang kamu sampaikan bisa benar-benar langsung diterima oleh target perusahaan. Secara umum, prime time berada pada pukul 7 malam hingga 9 malam. Namun, setiap audiens memiliki karakter yang berbeda dan tentunya masa prime time yang mungkin juga berbeda.
◉ Untuk mengukur seberapa berhasil pekerjaan admin media sosial untuk menyampaikan pesan perusahaan melalui media sosial, ada baiknya kamu secara rutin melakukan audit terhadap akun-akun media sosial tersebut. Audit dapat kamu lakukan dalam jangka waktu seminggu sekali, sebulan sekali dan satu tahun sekali. Ada banyak tools yang tersedia di internet, berbayar ataupun gratis, yang bisa kamu manfaatkan untuk mengaudit hasil kerjamu. Hasil audit ini dapat kamu jadikan bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas diri kamu sebagai admin media sosial.
Berapa Pendapatan Admin Media Sosial?
Menjadi admin media sosial sebenarnya tergolong pekerjaan mudah, hanya saja membutuhkan konsistensi. Admin media sosial tidak memerlukan keahlian khusus dan sulit dipahami. Karena tergolong mudah inilah penghasilannya juga tidak terlalu besar. Rata-rata admin media sosial freelancer mendapat upah 2-3 juta rupiah per bulannya. Namun perlu diingat, ada juga admin media sosial yang mendapatkan bayaran lebih kecil bahkan lebih besar dari itu. Semua sangat tergantung pada besarnya perusahaan, tipe perusahaan dan lokasi beroperasinya perusahaan tersebut.
5 Tools Untuk Mengelola Banyak Media Sosial
Seorang admin media sosial biasanya mengelola lebih dari satu akun media sosial. Untuk mempermudah pekerjaan admin media sosial biasa menggunakan tools sebagai berikut, bisa digunakan salah satu saja tergantung kebutuhan.
1. Marketmesuite
Sebuah layanan untuk mengelola akun media sosial, khususnya Twitter. Biasanya digunakan untuk menjadwalkan pesan, mencari followers dengan menggunakan geo-penargetan. Selain itu layanan ini menyediakan fitur automatic Dms yang bisa digunakan untuk mengirim DM secara otomatis ke setiap followers.
2. Hootsuite
Sebuah situs layanan manajemen konten yang menyediakan layanan media dalam jaringan dan terhubung dengan banyak media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin dan lain sebagainya.
3. Mediafunnel
Layanan Social Media Management System (SMMS) yang kabarnya bisa digunakan untuk mengelola 25 akun media sosial berbeda.
4. Sysomos
Layanan dashboard besar yang diklaim mampu memenuhi hampir semua kebutuhan pengelolaan dan monitoring media sosial. Sysomos juga dikenal sebagai Social Media Monitoring and Analytics Tools yang bisa memberikan semua analisis termasuk sentiment, demografi maupun influencer.
5. Tweetdeck
Sebuah layanan desktop yang memungkinkan digunakan untuk mengelola 4 jaringan sosial media berbeda dalam satu aplikasi desktop.
Terima kasih sudah membaca.
source: 60+ Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend
Tidak ada komentar:
Posting Komentar