telojowo.web.id

Berlayar Mengikuti Arus Perubahan

Post Page Advertisement [Top]

Menjual barang secara online


Seperti hanya pada offline, dunia online juga memiliki asset yang wajib dimiliki dan anda bangun untuk memudahkan menjual di dunia online. Tidak seperti di dunia offline, di dunia maya aset yang dimaksud adalah berbentuk seperti, followers, likers, database email, database nomor handphone, data demografi market, dan lain sebagainya.


Karena yang sudah memiliki aset besar di dunia maya lebih mudah melakukan penjualan. Akun instagram yang memiliki jutaan followers pasti lebih mudah menjual produknya daripada akun instagram yang memiliki ratusan followers. Walaupun semua juga tergatung dengan engagement antara brand dan marketnya.

Nama Brand atau Toko Online Anda

Agar orang-orang lebih mengetahui toko online anda, anda harus memberikan nama yang mudah diingat oleh pasar atau market anda. Dalam penamaan haruslah konsisten, konsisiten di sini adalah nama akun toko anda harus sama di semua marketplace dan juga media sosial yang anda gunakan. Misalnya di tokopedia, bukalapak, instagram, facebook, dan juga twitter.


Tujuannya di sini adalah agar tingkat kepercayaan pembeli kepada akun anda mudah terbangun. Dengan memiliki nama yang sama di facebook, instagram, youtube, shopee dan berbagai marketplace pembeli akan mudah untuk menemukan toko anda. Dan apabila olshop anda sudah tumbuh, anda wajib untuk membuat website dengan nama yang sama dengan toko anda.


Karena sebenarnya kita hanya menumpang di marketplace dan sosial media. Analoginya adalah apabila kita membuat stand di sebuah mall, ketika mall itu bangkrut maka stand kita akan ikut tutup. Oleh karena itu, kita wajib memiliki website untuk menjadi rumah permanen. Jika sewaktu-waktu akun sosial media kita bermasalah, dibanned atau hilang, kita masih memiliki rumah yaitu website kita.

Gunakan Watermark

Watermark adalah istilah yang digunakan untuk memberi tanda nama online shop anda. Hal ini dilakukan agar gambar yang sudah anda buat tidak dicuri oleh orang lain. Memasukkan nama ke dalam gambar tidaklah susah, anda bisa menggunakan aplikasi seperti picsart untuk membuatnya.

Memenangkan Persaingan Harga

Dalam menjalani profesi sebagai dropshipper, banyak sekali yang takut mengambil profit besar. Sehingga mereka hanya mengambilprofit kecil. Dibenaknya banyak sekali pemikiran sempit yang membayang. Seperti, apakah pembeli mau membeli dengan harga yang mahal, takut karena pembeli sudah tahu harga pasaran atau takut karena banyak penjual yang menjual dengan harga lebih murah.


Pemikiran seperti itu, membuat mereka terjebak dalam penjara pemikiran diri. Mereka menganggap bahwa apa yang mereka pikirkan sama dengan yang orang lain pikirkan. Pemikiran seperti itu menandakan bahwa dia tidak percaya dengan produknya, bagaimana orang akan membeli jika penjualnya sendiri tidak percaya dengan produknya?


Berjualan bukanlah sekedar menjual produk kepada orang lain, tetapi berjualan juga mentransfer kepercayaan kepada orang lain. Jika anda yakin produk berkualitas maka jangan takut menjual dengan harga lebih mahal. Anda harus tahu bahwa tidak semua konsumen mengetahui harga modal anda dan tidak semuanya mencari harga yang murah. Ada yang mengatakan bahwa 80 persen penjualan adalah karena faktor emosi sedangkan 20 persennya karena faktor teknis. Jadi tidak perlu ragu untuk menjual lebih. Ikatan emosi bisa terjadi dari banyak faktor, bisa berupa kepercayaan, pelayanan yang baik, dan berbagai faktor lainnya.


Seperti halnya iphone yang menjual produknya lebih mahal dari produk handphone lainnya. Di harga lebih mahal pun banyak yang mau membelinya. Hal ini terjadi karena pembeli mendapatkan value yang lebih banyak dari apa yang mereka bayarkan. Jadi bebaskanlah diri anda dari pemikiran sempit yang dibuat oleh diri sendiri. Jangan juga terjebak dibanyak omzet tetapi minim profit.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan agar anda dapat memenangkan persaingan harga:

1. Garansi

Beberapa orang takut membeli barang karena takut terjadi penyesalan jika apa yang didapatkan tidak sesuai dengan uang yang sudah dikeluarkan. Itulah sebabnya garansi sangat penting untuk menarik perhatian pembeli. Tulislah GARANSI dengan huruf yang besar pada banner atau gambar anda. Kemudian lihat hasilnya,

Apabila penjualan anda meningkat, maka lanjutkan. Jika terjadi sebaliknya maka lakukan perbaikan pada produk dan pelayanan anda. Karena jika anda yakin produk yang anda jual bagus dan berkualitas maka akan minim pembeli yang mengklaim garansi.

2. Pelayanan

Saat menjual barang secara online pastinya akan banyak pertanyaan yang timbul dari para calon pembeli. Bisa dari kejelasan produk, benefit yang didapat atau resi pengiriman. Mereka akan cenderung mencari seller yang fast respon. Jika chat yang mereka kirim dibalas dengan waktu yang lama maka mereka akan cenderung mencari seller lain.

Oleh sebab itu, kecepatan membalas pesan dari calon pembeli sangat mempengaruhi bisnis anda. Jadi balaslah chat dari calon pembeli dengan cepat, baik dan ramah agar mereka juga merekomendasikan produk anda kepada teman dan keluarganya. Jika sudah begini harga tidak akan menjadi masalah mereka akan rela membayar dengan harga yang lebih mahal dengan pelayanan yang lebih baik daripada membeli kepada penjual yang memiliki harga lebih murah namun pelayanan buruk.

3. Bisa Dipercaya

Banyak orang cenderung memutuskan untuk membeli suatu barang dari orang yang dipercaya dibidangnya. Jika di di dunia online anda bisa membagi sesuatu yang bermanfaat melalui bolg, website, dan juga sosial media serta di forum-forum. Contohnya, apabila ada orang yang suka membagi informasi tentang android maka dia akan dipercaya oleh banyak orang dan ketika ia menjual sesuatu yang berkaitan tentang android seperti, asesoris hp maka akan lebih mudah karena sudah mendapatkan kepercayaan banyak orang.

4. Niche Market

Secara singkat niche adalah suatu ceruk pasar yang mengkerucut, jadi disini pasarnya sudah tertarget. Contoh niche adalah anime, jika anda menjual barang yang berkaitan dengan anime dan memasarkan kepada orang-orang yang suka dengan anime jualan anda akan menjadi lebih mudah. Mereka akan membeli barang bukan karena harga karena emosi atas kesukaan mereka terhadap anime tersebut.

Konten

Konten merupakan sarana yang penting untuk berbagi di dunia maya, baik melalui media sosial, blog maupun website. Banyak pebisnis kurang menyadari hal tersebut, padahal sekarang ini e-commerce besar pun memiliki blog untuk informasi pengunjung mereka.


Di era digital ini, pembeli sudah mulai pintar dan tahu bagaimana mereka akan mencari informasi produk yang akan mereka beli. Apabila di channel anda belum memberikan konten yang bermanfaat bagi pembeli kemungkinan akan kecil calon pembeli datang di channel anda. Itu sebabnya anda perlu memberikan informasi yang bermanfaat juga kepada calon pembeli tentang produk dan juga hal-hal yang berkaitan dengan niche anda. Ini akan membuat calon pembeli betah di channel anda. Itulah sebabnya konten sangat penting untuk mempromosikan produk anda.


Jenis-jenis konten

Konten banyak jenisnya bukan hanya tulisan yang biasa anda posting di facebook, tetapi juga ada gambar dan video yang bisa anda jadikan konten.

1. Video

Video merupakan konten yang mudah menarik pengunjung. Dengan menggunakan video anda dapat memadukan visualisasi dan audio mejadi satu. Anda bisa menggunakan video untuk mereview produk anda dan juga melakukan contoh tutorial yang bermanfaat bagi market niche anda. Misalnya, anda menjual hjab kemudian membuat video tentang tutorial memakai hijab yang benar.

2. eBook

eBook adalah buku digital, ebook biasanya digunakan sebagai lead magnet untuk menarik pembeli dan dibagikan secara gratis. Mereka mendapatkan ebook yang bermanfaat bagi dirinya sedangkan anda mendapatkan email mereka yang nantinya bisa anda gunakan untuk berjualan.

Membuat ebook sangat mudah, karena filenya berbentuk pdf anda dapat menulis di word dahulu tentang manfaat atau topik yang ingin anda bagikan kepada calon pembeli. Setelah itu anda tinggal corvert word to pdf.

3. Infografis

Berupa gambar yang berisi representasi visual dari data. Infografis berisi angka-angka yang dirangkum dalam tabel, grafik, dan diagram yang didapatkan dari hasil peneletian. Karena berupa gambar jadi infografis lebih cepat tersebar di internet daripada artikel atau ebook.

4. Audio (podcast)

Semakin berkembangya teknologi saat ini, banyak orang yang suka mendengarkan podcast sambil melakukan akitivitasnya. Perlu diketahui podcast itu konten yang hanya berupa suara, bisa obrolan antara dua orang atau hanya satu orang yang berbicara sendiri menyampaikan informasi atau bercerita tentang suatu peristiwa.

5. Gambar

Gambar yang bermanfaat dapat mudah viral di media sosial. Ini akan memudahkan anda menjual produk anda. Cara paling mudah mengetahui gambar yang viral adalah melalui pinterest. Anda bisa masuk ke sana kemudian cari gambar yang paling banyak dicari orang tentang niche anda. Anda bisa mengetahuinya lewat jumlah pin yang paling banyak pada gambar tersebut. Kemudian anda bisa posting ulang gambar tersebut untuk menarik calon pembeli.

Panduan membuat konten

Buatlah konten yang bermanfaat bagi orang lain, dan juga konten yang baik dalam artian tidak copy paste konten milik orang lain. Anda bisa melakukan amati, tiru kemudian modifikasi. Anda boleh saja membuat topik yang sama tetapi buatlah dengan bahasa anda sendiri tidak meniru sama persis dengan milik orang lain.


Buatlah konten sesuai tujuan akhir bisnis anda, misal anda menjual produk dengan niche pecinta vespa maka buatlah konten yang berkaitan dengan para pecinta vespa. Apablia anda sering berganti-ganti niche konten, hal ini akan membingungkan calon pembeli anda sendiri.


Banyak orang yang ingin menyelesaikan masalah mereka melalui internet. Mereka mencari solusi internet tentang masalah yang mereka hadapi. Anda dapat menggunakan masalah ini sebagai konten. Coba pahami dan cari masalah yang sering dihadapi ketika menggunakan produk anda dan jadikan ini sebagai konten edukasi para pembeli anda.


Membuat konten itu tidak terlepas dari menulis, jika konten anda berupa artikel tetapi anda tidak bisa menulis lebih baik anda serahkan hal ini kepada ahlinya. Bashasa yang mudah dipahami akan lebih cepat masuk ke pembeli dan diterima dengan baik.


Selanjutnya, membuat headline. Headline itu tidak kalah penting dari yang lainnya. Kenapa? Karena headline letak paling atas dan tulisan pertama yang dibaca oleh calon pembeli anda. Anda harus dapat membuat headline yang dapat menarik pembaca untuk meng-klik artikel atau konten anda. Dengan membuat mereka tertarik anda akan mengundang banyak calon pembeli mampir ke channel anda. Semakin banyak trafik yang masuk maka kemungkinan produk anda laku akan semakin besar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Bottom Ad [Post Page]