telojowo.web.id

Berlayar Mengikuti Arus Perubahan

Post Page Advertisement [Top]

Mendapatkan orderan dari instagram


Pengguna instagram di Indonesia memiliki tingkat perkembangan yang luar biasa. Pada tahun 2015 total penggunanya 400 milyar sedangkan sekarang sudah mencapai 1 milyar pengguna. Bukankah ini merupakan angin segar untuk para pebisnis?


Dimana ada gula di situ ada semut, ungkapan yang tepat bagi kalian yang ingin mencoba berbisnis di instagram. Setelah menemukan banyak suplier sakarang saatnya mulai menjual produk tersebut. Tempat jualan harus memiliki trafik yang tinggi, oleh sebab itu menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram sangatlah tepat untuk saat ini. Tidak menutup kemungkinan beberapa tahun ke depan ada media sosial yang lebih banyak penggunanya dan cocok untuk berbisnis.



Apalagi sekarang instagram bisa dijadikan satu dengan facebook. Yaitu dengan mengubah akun instagram menjadi akun bisnis. Maka setelah itu kita bisa menghubungkan akun instgram dengan akun facebook. Hal ini sangat memudahkan kita untuk berbisnis karena membuat lebih mudah dalam mengatur postingan tiap harinya dan juga untuk menganalisa perilaku konsumen yang menyukai produk anda.


Faktanya saat ini instagram sudah mempunyai satu milyar pengguna aktif tiap bulan. Dan 500 juta pengguna aktif tiap harinya. Selain itu ada 4,2 milyaran like dan lebih dari 50 milyar foto atau video dibagikan antar pengguna.

Visual Power

Pengguna aktif instagram terus aktif dan bertumbuh. Salah satu penyebabnya adalah instagram memiliki kekuatan dalam konten visual berupa gambar dan video. Sekitar 80% - 90% pengguna instagram tertarik terhadap produk karena gambar atau videonya. Jadi buatlah foto produk yang menarik untuk menarik pembeli.

Membuat Akun Instagram

Membuat akun bisa dengan menggunakan nama brand atau olshop anda, bisa juga menggunakan nama produk yang dijual. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Menggunakan nama brand, memudahkan menjual apapun yang masih berhubungan dengan produk utama anda. Sedangkan menggunakan nama produk sebagai akun memudahkan orang lain mencari akun anda karena berkaitan langsung dengan produk yang dicari.


Setelah membuat akun pastinya anda juga harus melengkapi profil instagram anda. Hal ini penting karena sangat memudahkan calon pembeli untuk mengenal olshop anda. Dan juga mengetahui beberapa hal yang diperlukan ketika akan melakukan pembayaran ataupun menghubungi penjual.

Ada beberapa bagian pada profil instagram yang perlu diperhatikan,

1. Nama Akun

Merupakan identitas anda di Instagram, gunakanlah nama yang mudah diingat oleh calon pembeli anda agar calon pembeli tidak kebingungan ketika akan mencari toko anda di kemudian hari.

2. Foto Profil

Foto profil harus menarik, anda bisa menggunakan logo anda atau pun bisa juga disesuaikan dengan produk yang anda jual.

3. Nama Olshop/Brand

Di sini kita bisa mengisi dengan nama brand beserta produk yang kita jual, atau kata kunci yang kita incar. Tujuannya adalah untuk memudahkan calon pembeli menemukan akun anda jika mereka mencari di kolom search.

4. Biodata

Isi biodata berupa kontak yang bisa dihubungi, gunakan whatsapp dan line. Karena itu adalah dua aplikasi chat yang banyak digunakan orang.

5. Website

Anda bisa menaruh link pada profil instagram anda, tujuannya adalah untuk menggiring trafik anda ke website(rumah online anda). Apabila anda belum memiliki website anda dapat menggunakan link yang mengarahkan calon pembeli ke aplikasi chat seperti whatsapp.

Menjadikan Akun Instagram Menjadi Akun bisnis

Ini penting karena selain bisa terhubung dengan fanspage facebook, anda juga dapat melihat insight tiap postingan yang anda buat. Pada insight ini anda dapat meilhat interaksi, gender pengunjung, lokasi, umur, kapan mereka paling aktif menggunakan instagram.


Selain informasi tadi, anda juga dapat membandingkan impresi minggu ini dengan minggu kemarin. Sehingga anda dapat mengetahui apakah impresinya baik atau tidak. Jika tidak, anda dapat melakukan perbaikan atau meniru postingan yang memiliki impresi paling baik. Jadi insight ini sangat bermanfaat bagi bisnis anda.

Upload Gambar

Setelah membuat akun instagram anda menjadi akun bisnis, kini saatnya melakukan upload foto produk. Uploadlah minimal 50 gambar ke dalam akun anda, tujuannya untuk membuat akun instagram anda menarik dan mengasyikkan karena telah memiliki banyak foto.


Orang akan cenderung betah di akun anda untuk melihat foto yang menarik perhatian mereka. Selain itu, ketika memposting foto anda juga harus menyertakan keterangan produk, kontak dan yang paling penting adalah hashtag. Hashtag disini adalah yang berkaitan dengan produk anda. Alasannya adalah meski follower anda masih sedikit, dengan menggunakan hashtag akan mempermudah closing. Banyak sekali orang yang melakukan pencarian gambar dengan menggunakan hashtag, jika produk anda muncul di hasil pencarian akan ada kemungkinan terjadi closing.


Gunakan 25 hashtag yang muncul di hasil pencarian anda. Tinggal tuliskan saja di kolom search tentang kata kunci yang anda cari maka akan keluar semua. Kemudian untuk melakukan posting, anda juga harus konsisten. Lakukan posting setiap hari pada jam-jam follower anda online, anda bisa melihatnya di insight. Anda juga tidak harus memposting foto produk tetapi juga dapat posting testimoni atau hal yang berkaitan dengan produk anda.

Melakukan Follow dan Unfollow

Lakukan cara ini ketika anda sudah melakukan upload gambar 50 – 100 gambar di instagram anda. Hal yang harus anda cari adalah menemukan kompetitor anda atau akun yang memiliki niche sama dengan anda.

Caranya:

1. Cari akun kompetitor anda

2. Follow akun followers kompetitor anda, 100 akun dan dibagi menjadi 3 waktu. Apabila anda langsung memfollow 100 akun maka akun anda bisa dibanned oleh instagram.

3. Setelah ada yang memfoll-back akun anda, biarkan selama 3 hari. Setelah itu anda bisa melakukan unfollow akun tersebut, tujuannya agar akun yang anda follow tidak terlalu banyak.

4. Di hari selanjutnya lakukan seperti langkah pertama. Lakukan secara konsisten dan terus menerus dengan ritme yang tidak terlalu cepat.

Give Away

Jika follower anda sudah mencapai 1000, maka anda dapat menerapkan teknik give away. Caranya mudah, jika anda belum tahu anda dapat mengetikkan #giveawayindo di kolom search. Kemudian anda tinggal meniru dan memodifikasinya sesuai kebutuhan anda.

Buzzer Instagram

Buzzer Instagram adalah suatu akun yang memiliki jumlah follower besar dan dapat meng-influence followernya untuk melakukan tidakan terhadap postingannya. Kita biasa menyebutnya dengan nama selebram atau ada juga akun publik yang tidak diketahui orang dibelakangnya tetapi memilki follower yang banyak.


Cara promosi dengan akun selebram biasa disebut endorsment, sebaliknya jika promosi menggunakan akun publik disebut paid promote. Promosi dengan mengunakan jasa buzzer akan sangat bermanfaat bagi bisnis anda. Tapi perlu diingat bahwa mereka itu berbayar dan semakin tinggi followernya akan semakin mahal.

Paid Promote

Ketika anda akan melakukan paid promote, harga yang menentukan adalah akun publik tersebut. Dan yang perlu anda perhatikan ketika melakukan paid promote adalah,

1. Waktu Posting

Sebisa mungkin anda nego untuk posting di jam ketika banyak orang menggunakan instagram. Misalnya pada waktu sore ke malam, ini adalah waktu paling efektif untuk posting.

2. Foto dan Caption

Foto yang menarik dan baik adalah wajib ketika anda melakukan promosi di instagram. Karena kekuatan utama instgram adalah pada foto, selain itu anda juga harus menuliskan caption yang dapat menarik perhatian pelanggan.

3. Target Market

Tentukan akun buzzer yang memilki follower yang sesuai dengan niche anda. Target pasarnya harus jelas karena jika tidak maka anda hanya membuang uang anda.

Endorsment

Endorsment adalah kerjasama yang dilakukan oleh olshop atau brand dengan memberikan produknya kepada selebram atau artis kemudian selebram tersebut mempromosikan melalui akun instagramnya.


Hampir semua artis sekarang menerima endorsment, kalau anda ingin yang lebih murah bisa menggunakan jasa selebram. Ya, semakin besar follower dan engagement akun akan semakin mahal. Oleh karenanya sebelum anda melakukan endorsment anda juga harus memeriksa engagement akun selebram atau artis tersebut. Ga mau kan sudah mahal-mahal tetapi tidak ada feedback dari followernya.


Jika ada selebram yang belum banyak followernya anda bisa melakukan negoisasi dengan memberi produk kepada selebram itu agar dipromosikan. Jadi biaya promosi selebram ditukar dengan produknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Bottom Ad [Post Page]