Cara yang bisa kamu lakukan agar kebanjiran orderan,
1. Tidak Menguasai Produk
Sebagai penjual atau pemasar sebuah produk, maka anda tidak boleh tidak memahami produk anda. Bagaimana anda akan menjelaskan produk kepada calon pembeli jika anda sendiri belum memahami sepenuhnya produk anda.
Yang perlu diketahui penjual agar gampang closing:
a. Pahami spesifikasi produk anda
Pahami sedetail mungkin produk anda sampai di luar kepala, agar cepat dalam menanggapi pembeli ketika mau closing.
b. Pahami kelebihan produk anda
Memahami apa kelebihan produk anda adalah penting, dengan memahami kelebihan produk anda dibanding kompetitor maka pembeli akan mudah mengingat tentang ciri-ciri atau kelebihan produk anda.
c. Sampaikan benefit bukan fitur
Sedikit sekali penjual yang memahami ini, kebanyakan dari kita fokus pada fitur, padahal pembeli membeli benefitnya bagi mereka bukan fitur.
d. Pahami siapa target market produk anda
Tidak semua orang membutuhkan produk anda, oleh karena itu anda harus mengetahui apa yang target market anda butuhkan? Mereka tinggal dimana? Umur berapa? Ketertarikannya pada apa? Berkumpul dimana?
Semakin detil semakin baik, karena anda dapat lebih mengetahui target market anda sehingga memudahkan anda dalam menjual serta mengatur strategi pemasaran.
2. Tidak Menguasai Traffic Source
Dalam berbisnis sumber kunjungan itu sangat penting, bagaimana akan ada pembeli jika tokonya sepi pengunjung. Kita harus membuat orang-orang tertarik dengan toko kita. Ada dua cara untuk membuat orang tertarik dengan toko kita yaitu, dengan cara gratisan dan berbayar.
a. Cara Gratisan
Mendapatkan pengunjung dari:
1. FB personal
2. Instagram
3. SEO
Langkah optimasi FB dan IG:
1. Memiliki Friend List Tertarget
Untuk bisa closing di dua sosial media ini, anda perlu memiliki teman yang merupakan target market anda. Caranya bisa dengan mulai menambahkan 50 orang setiap harinya.
2. Bangun Interaksi dengan Target Market
Tanpa interaksi target market anada tidak akan pernah tahu keberadaan anda, jadi anda perlu untuk muncul di timeline mereka, tapi jangan spam.
3. Bangun Personal Branding
Buat target market anda mengetahui bahwa anda adalah ...., isi titik itu sesuai keinginan yang anda harapakan ketika target market anda melihat profil anda. Mereka jadi tahu ketika membutuhkan sesuatu bisa langsung mencari anda.
4. Pahami Market Temperature
Singkatnya membagi target market anda menjadi beberapa bagian sehingga memudahkan anda untuk cepat closing.
b. Cara Berbayar
Cara yang biasa digunakan untuk mendapatkan trafik dengan biaya adalah,
a. FB ads (Iklan di FB)
b. IG ads (Iklan di IG)
c. Adwords (Iklan di Google)
Jadi mana yang lebih baik antara yang gratis dengan berbayar? Sebenarnya semua baik, tinggal penggunaannya dan biaya anda. Untuk jangka pendek bisa menggunakan berbayar karena sangat cepat mendatangkan trafik. Sedangkan jangka panjangnya anda bisa menggunakan yang gratis.
Ketika anda sudah mendapatkan trafik yang cukup banyak, jangan biarkan mereka berlalu begitu saja. Yang harus anda lakukan selanjutnya adalah dengan memasukkan mereka ke kolam prospek atau anda membuat database target market anda sendiri. Dengan memiliki database target market sendiri, anda dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu, mengolah target market untuk melakukan action.
3. Tidak Menguasai Market Temperature
Seperti yang sudah saya singgung tadi, Market Temperature adalah membagi target market anda menjadi beberapa bagian. Dengan membaginya anda dapat memiliki beberapa keuntungan.
Ada tiga jenis market temperature:
a. Cold Market
Mereka adalah target market yang belum mengenal siapa anda dan apa yang anda jual. Pada market ini anda perlu untuk bekerja lebih keras agar target market mengenal anda. Jangan dulu jualan dan buat mereka percaya dengan anda terlebih dahulu.
b. Warm Market
Target market sudah tahu dan percaya kepada anda. Disini mereka sudah mulai akrab berinteraksi dengan anda. Mereka sudah mulai tanya-tanya tentang produk yang anda jual.
c. Hot Market
Di titik ini target market sudah mengenal dan percaya dengan produk yang anda jual.
Dengan mengetahui market temperature ini anda bisa membuat friend list anda sudah berada di kategori mana. Dengan begitu anda bisa tahu siapa saja yang belum mengenal anda dan produk yang anda jual.
Caranya anda bisa mulai menambahkan teman di fb (cold market), kemudian anda mulai mengenalkan produk anda ke teman anda dengan memposting produk anda setiap hari(warm market). Setelah itu, ketika ada respon yang bagus anda dapat membuat mereka untuk masuk ke wa(hot market). Di wa anda akan lebih mudah berjualan karena market anda sudah tersaring dan pastinya akan lebih cepat closing.
4. Tidak Membangun Brand
Branding disini mudahnya adalah apa yang orang lain ingat ketika mendengar nama atau toko anda. Ada dua jenis brand yang bisa anda bangun, yaitu:
a. Personal Branding
Anda harus dapat mengasosiasikan diri anda sebagai seorang expert dalam bidang yang sedang anda geluti. Jadi misalnya anda menjual produk kesehatan maka, anda adalah exepert di bidang kesehatan.
b. Store branding
Membuat toko anda dikenal dengan membangun image toko online yang terpercaya, pelayanan cepat dan memuaskan serta produk yang berkualitas.
Caranya bisa dengan mengupload foto banyaknya chatting yang masuk, banyaknya bukti trasfer,banyaknya barang kiriman dan testimoni. Maka toko anda akan terlihat baik di mata prospek. Tapi ingat jangan memanipulasi semua itu.
5. Tidak Menguasai Teknik Chatting yang Baik
Setelah berhasil mendatangkan pengunjung ke toko online anda, maka selanjutnya adalah dengan menguasai teknik chatting yang baik. Banyak chat yang datang tetapi tidak closing, bisa kebayang kan?
Beberapa hal yang bisa digunakan untuk closing yang baik:
1. Buat draft jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan
Seperti, harga, varian, cara pesan. Siapkan jawaban supaya tidak perlu mengetik berulang kali.
2. Aktif bertanya. Jangan sampai anda pasif dan hanya menunggu pertanyaan dari pembeli
Dengan bertanya kepada pembeli, anda bisa mengarahkan kemana arah pembicaraan dan produk apa yang sebaiknya calon pembeli beli dari anda.
3. Teknik Kelangkaan.
Dengan menggunakan teknik ini akan meningkatkan kemungkinan closing karena produk anda terbatas, tetapi jangan bohong kepada calon pembeli.
4. Buat alur chatting
Tanyakan ke pembeli sekaligus menawarkan untuk menjelaskan detailnya. Dengan menjelaskan detailnya pembeli lebih memahami value produk kita jadi mereka akan mengerti jika anda menjual produk anda dengan harga yang tinggi.
6. Tidak Punya Target Omset Dan Tidak Ada Action Plannya
Sebagai seorang enterpreneur jelas kita adalah bos bagi diri kita sendiri. Oleh karena itu dengan memiliki target dan action plan, kita dapat mendorong diri kita untuk terus maju. Karena tidak ada yang menyuruh kita berjualan. Ini sangat penting untuk terus menjaga konsisitensi kita dalam berjualan.
7. Mau Instan Closing Dan Enggan Belajar
Di dunia ini tidak ada yang instan, nikmatilah prosesnya. Berproses dengan sebaik-baiknya. Semua yang dicapai orang lain dan terlihat wow itu sudah ia capai dengan melalui proses dan perjuangan yang tidak mudah dan instan. Tidak ada kesuksesan yang datang dengan instan, tapi juga tidak ada hasil yang menghianati kerja keras.
Dari semua ilmu di atas, kuncinya adalah menjalankannya secara konsisten. Tetap menjaga hubungan baik dengan pembeli. Jangan mudah baper ketika jualan anda ditolak. Dengan terus belajar kita akan terus melihat betapa masih banyak hal yang belum kita kuasai dan belum dipraktekkan, dengan begini kita akan menjadi konsisten dan bertumbuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar